Cuztomizing Hardware

Cuztomizing Hardware

Tepat hari kamis (2/18), kami masuk kelas praktikum penkom. Pada praktikum kedua ini, kami membahas tentang hardware. Beberapa contoh hardware yang dibahas adalah monitor, keyboard, mouse, printer, processor, vga card dan speaker.


Masih sama seperti praktikum seperti biasanya, kami mendapatkan tugas. Mungkin menurut aspraknya, kalo praktikum tanpa tugas itu seperti sayur tanpa garam, bakalan percuma. Hahaha, bercanda kak.. Tapi dengan adanya tugas ini, sebenanya membantu praktikan agar lebih mengerti dan paham terhadap apa itu hardware karena praktikan pasti akan mengotak-ngatik hardware ini meskipun secara terpaksa. Jadi, untuk tugas mata kuliah penkom yang kedua ini saya akan mengotak-atik si hardware ini. Sebelumnya untuk tambahan info, windows yang saya pakai disini adalah windows 7.

Oke, berikut adalah hardware yang saya otak-atik :

  1. MONITOR

Hal pertama yang akan saya ‘cutomize’ adalah monitor. Pertama kali, saya mengubah tampilan display monitornya menjadi lebih besar dari 100% hingga 125%. Caranya adalah dengan masuk ke Control PanelAll Control PanelDisplay .

 

m1
before
m2
after

Selanjutnya, yang coba saya ubah adalah resolusi dari display monitornya dari 1366 x 768 yang merupakan rekomendasi dari si komputer menjadi 800 x 600. Caranya adalah Control PanelAll Control PanelDisplay Screen Resolution. Sebelum diubah, muncul peringatan “If your resolution is below 1024 x 768, some items may not fit on the screen.” Yang maksudnya, jika resolusi kita ubah sampai dibaawah 1024 x 768 akan ada item yang tidak muat dalam layar.

sr1
before
sr2
after

2. KEYBOARD

Pada keyboard, yang saya ubah adalah Character repeat nya, Repeat rate dan Cursor blink rate. Untuk character repeat dan repeat ratenya dari yang ‘agak’ short menjadi long, perubahannya adalah ketika kita mengetikan karakter yang sama berkali-kali menjadi semakin lambat. Misal, sebelum diubah dalam 10 detik kita bisa mengetikan karakter ‘A’ sebanyak 6 kali, dan setelah diubah hanya sebanyak 4 kali. Dan untuk cursor blink rate adalah seberapa cepat kursor itu berkedip.

k1
before
k2
after

3. MOUSE

Pada mouse, yang saya ubah adalah bentuk pointer nya. Tadinya gambar anak panah putih menjadi gambar pulpen (handwriting) warna hitam.

4. SPEAKER

Untuk speaker hampir mirip dengan pointer, yaitu gambarnya yang saya ubah.

sp3
after

5. Microphone

Untuk microphone, sama seperti pointer dan speaker yang saya ubah adalah iconnya.

6. Hardisk

Untuk customize hardisk, langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah Start → klik kanan Computer → Manage → Device Manager. Setelah itu kita bisa lihat spesifikasi hardisk nya dan kemudian mengustomisasinya.

hardisk

7.  RAM dan Processor

Untuk RAM dan Processor, tidak bisa di customize. Akan tetapi, jika ingin melihat dapat membukanya dengan Start → klik kanan Computer → Properties.

RAM dan Processor

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s