Manajemen File, Kompresi File dan Aplikasi Utilitas

Manajemen File, Kompresi File dan Aplikasi Utilitas

Pada tugas penkom ke-3 ini saya akan membahas 3 hal, yaitu program file manager, kompresi file dan utilitas di Android. Android yang saya gunakan adalah Android 4.3 pada smartphone Xiaomi Mi 3 W. Untuk File Manager, apps utilitas, dan aplikasi untuk kompresi file nya saya menggunakan aplikasi bawaan dari Xiaomi. Untuk file manager yaitu Explorer, untuk apps utilitas yang akan saya bahas adalah Kamera bawaan dari Xiaomi, dan untuk kompresi file saya menggunakan menu umum yang terdapat di Explorer.

  1. Aplikasi File Manager

Aplikasi File Manager bawaan Xiaomi ini sangat lengkap, tampilannya juga berbeda dengan aplikasi file manager lainnya. Tampilannya sangat mendetail meskipun belum pernah saya upgrade. Ketika membukanya, jendela yang pertama kali terlihat adalah “Category”. Di dalamnya kita dapat melihat atau mencari file berdasarkan tipe file nya maupun berdasarkan tempat penyimpananya.

Menu umum : copy, cut, details, rename, delete dan compress.

Screenshot_2016-02-29-17-50-15

  1. Aplikasi Utilitas

Untuk aplikasi utilitas, saya memilih kameranya. Alasannya karena berbeda dengan aplikasi kamera biasa. Meskipun bawaan dari Xiaominya sendiri, hasilnya tidak kalah dengan aplikasi berbayar di playstore. Effect yang disediakannya juga gak kalah menarik, banyak pilihannya.

Selain itu, kamera buatan xiaomi ini memiliki Face Recognition untuk menampilkan usia dan jenis kelamin.

  1. Kompresi File

Untuk kompresi file saya tidak perlu mengunduh aplikasi kompresi yang ada di playstore karena xiaomi sudah memiliki aplikasi bawaannya sendiri. Kekurangan dari kompresi ini adalah hanya bisa kompresi file/folder dalam format .zip . Tidak ada pilihan lainnya.

Leave a Reply

