Menjamah fitur-fitur Ms.Word

Menjamah fitur-fitur Ms.Word

Postingan kali ini adalah tugas dari praktikum penkom yang ke-4. Kali ini saya akan menerangkan beberapa fitur yang ada di Ms. Word yang mungkin jarang kita gunakan, yaitu cara membuat surat masal(mail merge), membagi halaman, membuat daftar isi secara otomatis, menuliskan rumus (equation editor), autotext label dan thesaurus serta menon-aktifkan spelling and grammer.
Berikut penjelasannya,
1. Mail Merge atau Surat massal
Untuk mengirim surat dengan penerima yang cukup banyak, sangatlah merepotkan jika kita harus menulisnya satu-satu. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara ‘cepat’ nya agar lebih efisien.
Pertama, masuk ke Ms. Word dan ketik apa yang mau anda tulis. Seperti gambar di bawah.

gambar1

Setelah itu, klik menu Mailings →start mail merge→step-by-step mail merge wizard sehingga keluar tampilan seperti gambar di bawah.

gambar2

Kemudian klik next starting document→use the current document→next:select recipients→type a new list→create.

Selanjutnya akan muncul kolom yang bisa kita customize. Ubah Field Names yang ada dengan klik add dan hapus yang tidak dibutuhkan. Kemudian klik OK dan simpan sehingga keluar windows seperti ini.

Pilih use an existing list→next:write your letter→more items dan insert data.

gambar9

 

Klik next: preview your letters sehingga akan keluar hasil dari mail merge. Jika ingin melhat hasil lainnya klik panah yang ada di bawah tulisan preview your letters.

gambar14.JPG

 

2. Membagi Halaman
Buka document yang telah dibuat kemudian letakkan kursor pada awal kalimat yang ingin dipisahkan ke lembar selanjutnya.

gambar15.JPG

Setelah itu Page Layout→Breaks→Next Page. Tulisan itu akan pindah secara otomatis ke lembar selanjutnya. Hasilnya dapat dilihat pada gambar diatas.

gambar16

3. Daftar Isi Otomatis

Untuk membuat daftar isi dengan lebih efisien, kita dapat membuatnya dengan otomatis. Berikut adalah langkahnya,

gambar17

Buka document, Block Judul dan di heading 1 kemudian subjudul dan di heading 2. Setelah itu, klik References→table of contents lalu pilih model daftar isi yang kita mau.

gambar18.JPG
4. Equation Editor
Ini adalah salah satu fitur yang disediakan Ms. Word untuk menuliskan rumus-rumus. Caramua adalah dengan klik Insert→Equation→new equation dan tulis rumus.

gambar19.JPG

5. Autotext tabel dan thesaurus
Fitur ini mempermudah kita bila ingin menulis sesuatu yang sama, jadi tidak perlu mengetiknya berulang-ulang. Caranya block kata yang akan dibuat autotext, klik Insert→Quick Parts→save selection to quick part gallery. Setelah itu klik OK.

6. Spelling and Grammar
Fungsi dari fitur ini adalah untuk menghilangkan garis merah yang biasanya muncul di Ms. Word. Satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk menghilangkannya adalah dengan menonaktifkan spelling dan grammernya.

gambar22.JPG

Pertama, klik File→Options→Proofing, setelah itu hilangkan tanda pada tulisan check spelling as you type. Hasilnya, garis merah yang ada dibawah text hilang.

gambar23

Berikut adalah hasilnya,

gambar24.JPG

Sekian,

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s